Berikut Tata Cara Pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN (2024)

Berikut Tata Cara Pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN (1)

Aplikasi e-Kinerja BKN. (istimewa)

Suci Surya Februari 19, 2024Pariwara, SocietyTinggalkan pesan

Berikut Tata Cara Pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN (2)

Aplikasi e-Kinerja merupakan sistem terpadu yang mengukur dan menilai serta mengelola kinerja ASN. Berikut tata cara pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN.

Kaltim.akurasi.id, Bontang – Aplikasi e-Kinerja diterapkan di Pemkot Bontang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bontang. Aplikasi e-Kinerja ini dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 2022 lalu.

E-Kinerja merupakan sistem terpadu yang mengukur dan menilai serta mengelola kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Sekaligus juga sebagai tools untuk memantau capaian realisasi kinerja para ASN. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung terwujudnya sistem pemerintahan yang lebih akuntabel dan transparan.

Hadirnya aplikasi ini dimaksudkan sebagai sistem penilaian kinerja aparatur pemerintah berbasis teknologi informasi, yang lahir untuk memenuhi amanat PP Nomor 30 Tahun 2019 dan PERMENPANRB Nomor 06 Tahun 2022.

Berikut Tata Cara Pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN (3)

Kepala BKPSDM Bontang Sudi Priyanto menjelaskan tata cara pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN. Pertama, melakukan login di https://kinerja.bkn.go.id/login dengan memasukkan username: NIP dan Password: (sama dengan password di apikasi MYSAPK/MYSIASN).

Apabila lupa password, maka buka https://myasn.bkn.go.id/ klik lupa password, dengan catatan email yang didaftarkan ketika mendaftar MYSAPK bisa dibuka (email dapat diakses). Karena nanti aplikasi akan mengirimkan nomor token untuk pengantian password.

“Namun apabila lupa email yang didaftar/tidak bisa diakses maka yang dilakukan adalah melapor keadmin OPD. Lalu admin OPD akan melapor ke admin yang ada di BKPSDM untuk didaftarkan email yang baru,” bebernya kepada akurasi.id, Senin (19/2/2024).

Setelah bisa login, masuk ke Main Menu Profil, klik edit Profil. Lalu klik Sinkron SIAN yang ada di pojok kanan bawah agar data pegawai menyesuaikan dengan data yang ada di SIASN.

  1. Menu Data Pribadi. Lalu klik menu edit profil untuk menyesuaikan unit kerja, jabatan dan pangkat terakhir. Pastikan unit kerja merupakan unit kerja terkecil yang ada di OPD. (contoh: jabatan bendahara di BKPSDM, maka unit kerjanya ada Subbag Perencanaan dan Keuangan. Karena di BKPSDM masih ada esselon 4 di bawah sekretaris sehingga bendahara masih di bawah esselon 4 yaitu Kasubbag Perencanaan dan Keuangan).
  2. Menu Data Atasan. Tidak ada yang bisa diubah/di klik kita hanya perlu memastikan data atasan benar. Bila atasan belum benar berarti harus cek kembali di point a untuk memastian unit kerja benar.
  3. Menu List Pegawai dan List Pegawai Bawahan. Diabaikan saja. Karena tidak bisa diubah. Apabila terjadi ketidaksesuaian, kesesuaian nanti akan berubah dengan sendirinya apabila list yang ada membuka akunnya masing-masing dan mengubah data pribadi sepeti yang ada di point A.
  4. Menu Klaim Pimpinan Unit Kerja. Hanya untuk pejabat structural (Esselon 2, esselon 3, dan esslon 4) di klik Klaim Pimpinan Unit Kerja.
Baca Juga Sah! 25 Anggota DPRD Bontang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Tahap Pembuatan SKP

Sudi membeberkan, setelah memastikan semua tata cara di atas benar, maka selanjutnya masuk ke Main Menu SKP. Berikut Tahap Pembuatan SKP (SKP, Indikator, dan Target):

  1. klik Tombol Tambah Periode SKP, setting periode untuk SKP 1 tahun. Di menu Periode awal (1 Januari 2023), periode akhir (31 Desember 2023), Pendekatan (Kuantitatif) lalu Klik oke.
  2. Lalu Klik Detail SKP, Klik Tambah RHK untuk memasukkan uraian SKP
  • Untuk esselon 2 maka di menu Tambah RHK, Menu Klasifikasi RHK (pilih organisasi untuk SKP yang akan diturunkan/intervensi ke bawahan, dan individu untuk SKP yang merupakan terget individu. Untuk di BKPSDM jenis klasifikasi RHK adalah organisasi). Untuk Menu Jenis RHK dipilih utama. Menu Rencana Hasil Kerja diisi uraian SKP. (Contoh: Terwujudnya tata kelola manajeman ASN yang akuntabel dan sesuai dengan aturan kepegawaian). Menu Penugasan dari diisi menyusuaikan dengan kondisi, bisa organisasi/atasan langsung, lalu klik oke.
  • Untuk esselon 3 atau 4 maka di menu Tambahan RHK, menu Rencana Hasil Kerja Atasan yang Diintervensi pilih SKP atasan mana yang intervensi Esselon 3 atau 4. Sesuai dengan rincian SKP sesuai dengan MPH. Menu Klasifikasi RHK dipilih utama. Menu Rencana Hasil Kerja diisi uraian SKP apa, lalu klik oke.
  • Untuk staff sama dengan esselon 3 atau 4 namun tidak ada Menu Klasifikasi RHK, langsung ke Menu Rencana Hasil Kerja diisi uraian SKP, lalu klik oke.

    3. Lalu klik tambah Indikator, ada Menu Aspek. Lalu pilih Kuantitas, Menu Indikator diisi indikator sesuai dengan uraian SKP atau indikator yang ada di PK.

(Contoh: Jumlah dokumen manajemen ASN), lalu menu target diisi (Contoh: 5 Dokumen).
Lakukan pengisian SKP sampai selesai penginputan hasil kerja seperti point b dan c.

Untuk Perilaku Kerja sesuai dengan corevalue BerAKHLAK hanya bisa disi oleh atasan apabila memiliki ekspetasi khusus untuk bawahannya di luar corevalue BerAKHLAK. Apabila tidak ada maka dikosongkan saja. Lalu klik Ajukan SKP.

  1. Apabila SKP masih belum lengkap maka jangan di klik ajukan SKP, agar status SKP masih Draft sehingga masih bisa diedit. Apabila sudah di klik Ajukan SKP, maka SKP status berubah menjadi pengajuan/persetuan.

Pada status ini SKP tidak dapat lagi diubah. Sehingga apabila ada kesalahan pengisian SKP maka kita harus menghubungi atasan untuk mengubah statusnya ke draft kembali. Cara mengubah status SKP hanya bisa dibuka diatasan dengan cara klik Main Menu SKP. Pilih SKP Bawahan sesuai periode SKP yang akan dinilai. Lalu cari nama bawahannya klik Detail lalu pilih menu Edit Status.

Disini atasan memliki 3 pilihan yaitu Draft, Pengajuan, Persetujuan. Draft dipilih apabila dirasa SKP bawahannya untuk rincian SKP, indikator, targetnya ada yang belum sesuai. Namun jika tidak ada perbaikan maka bisa langsung di klik Persetujuan.

Tahap Penilaian SKP

  1. Ditahap ini pastikan Status SKP sudah
  2. Klik SKP pilih Penilaian, klik Periode Penilaian, klik Pelaksanaan Kinerja, klik Pengisian Bukti Dukung.
  3. Pada kolom Bukti dukung, klik tambah isi Menu bukti dukung beruba nama file yang mendukung capaian target.

(contoh: Dokumen tata kelola manajeman ASN) lalu isi Bukti Dukung link file dengan alama google drive/icloud tempat menyimpan bukti dukung berupa dokumen yang diisi di menu Bukti Dukung. Hal ini agar atasan bisa melihat dokumen yang kita masukkan sebagai pendukung capaian target (contoh: https://cloud.bontangkota.go.id/index.php/s/qNFublGHDlcvXCS)

  1. Lalu kolom realisasi, klik Tambah. Di menu Realisasi isi terget yang dicapai. (Contoh: target SKP 5 dokumen diisi realisasi 5 dokumen atau lebih. Lalu disesuaikan penuhan terget yang dicapai)

Pada menu sumber data bisa diisi sama dengan isi file bukti dukung atau nama dokumen/nama file/nama aplikasi/hasil survey yang mendukung kegiatan.

(Contoh: dokumen perencanaan di aplikasi merit system) sehingga nanti terbaca di kolom realisasi menjadi 5 dokumen berdasarkan dokumen perencanaan di aplikasi Merit system. Sampai di sini untuk tahapan pengisian sudah selesai.

Tahap Penilaian SKP Bawahan

  1. Ditahap ini pastikan bawahan telah mengisi semua kolom bukti dukung dan realisasi.
  2. Selanjutnya atasan klik SKP pilih Penilaian, klik Periode Penilaian, klik Pemantauan dan Evaluasi. Pilih periode penilaian lalu klik penilaian SKP Bawahan. Pilih nama bawahan yang akan dinilai, lalu cari kolom feedback lalu klik tanda tambah.

Pada Menu feedback dapat diisi cukup dengan emoticon tanda jempol ()atau dengan menggunakan kata-kata (Contoh: ok mantap). Lalu pilih Rating Hasil Kerja klik Ubah tombol yang berwarna merah akan keluar menu Hasil Diatas ekspetasi, Sesuai Ekspetasi, Dibawah Ekspetasi pilih sesuai dengan penilaian atasan terhadap kinerja bawahan.

Selain penilaian hasil kerja atasan juga menilai perilaku bawahan, caranya sama seperti pengisian feedback pada di Hasil Kerja Pegawai. Yaitu isi feedback menggunakan emoticon jempol atau kata-kata lalu pilih klik ubah tombol yang berwarna merah akan keluar menu hasil diatas ekspetasi, sesuai ekspetasi, dibawah ekspetasi pilih sesuai dengan penilaian atasan terhadap kinerja bawahan. Setelah selesai akan keluar predikat secara otomatis sesuai dengan penilaian atasan terhadap rating hasil kerja dan perilaku kerja. (adv/bkpsdmbontang)

Penulis: Pewarta
Editor: Suci Surya Dewi

cek juga!

Komisi I Usul Simulasi Tes CPNS Bontang Bagi Non ASN yang Telah Berumur

BKPSDM Bontang Telah Persiapkan Simulasi Tes CPNS Bontang untuk Non Asn Sebagai Uji Coba Kaltim.akurasi.id, …

Berikut Tata Cara Pengisian Aplikasi e-Kinerja BKN (2024)

References

Top Articles
Pokémon - Generation 9 | Serebii.net
Workday Finish Line Log In
The Tribes and Castes of the Central Provinces of India, Volume 3
Great Clips Mount Airy Nc
Metra Union Pacific West Schedule
122242843 Routing Number BANK OF THE WEST CA - Wise
Loves Employee Pay Stub
Online Reading Resources for Students & Teachers | Raz-Kids
Here are all the MTV VMA winners, even the awards they announced during the ads
Google Jobs Denver
Jennette Mccurdy And Joe Tmz Photos
Wausau Marketplace
Hendersonville (Tennessee) – Travel guide at Wikivoyage
Aces Fmc Charting
Irving Hac
Nestle Paystub
Maxpreps Field Hockey
Hope Swinimer Net Worth
Voyeuragency
Hood County Buy Sell And Trade
Belly Dump Trailers For Sale On Craigslist
iOS 18 Hadir, Tapi Mana Fitur AI Apple?
Fool’s Paradise movie review (2023) | Roger Ebert
Lista trofeów | Jedi Upadły Zakon / Fallen Order - Star Wars Jedi Fallen Order - poradnik do gry | GRYOnline.pl
Bella Bodhi [Model] - Bio, Height, Body Stats, Family, Career and Net Worth 
Cincinnati Adult Search
Suspiciouswetspot
Bidrl.com Visalia
Access a Shared Resource | Computing for Arts + Sciences
What we lost when Craigslist shut down its personals section
HP PARTSURFER - spare part search portal
Missing 2023 Showtimes Near Grand Theatres - Bismarck
134 Paige St. Owego Ny
Ilabs Ucsf
Citibank Branch Locations In Orlando Florida
Kokomo Mugshots Busted
Bozjan Platinum Coins
Shnvme Com
AsROck Q1900B ITX und Ramverträglichkeit
Prior Authorization Requirements for Health Insurance Marketplace
Lovein Funeral Obits
Ig Weekend Dow
Devon Lannigan Obituary
Vindy.com Obituaries
Doublelist Paducah Ky
Tropical Smoothie Address
Noga Funeral Home Obituaries
French Linen krijtverf van Annie Sloan
Grandma's Portuguese Sweet Bread Recipe Made from Scratch
Subdomain Finer
Unbiased Thrive Cat Food Review In 2024 - Cats.com
Gameplay Clarkston
Latest Posts
Article information

Author: Aracelis Kilback

Last Updated:

Views: 6124

Rating: 4.3 / 5 (64 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Aracelis Kilback

Birthday: 1994-11-22

Address: Apt. 895 30151 Green Plain, Lake Mariela, RI 98141

Phone: +5992291857476

Job: Legal Officer

Hobby: LARPing, role-playing games, Slacklining, Reading, Inline skating, Brazilian jiu-jitsu, Dance

Introduction: My name is Aracelis Kilback, I am a nice, gentle, agreeable, joyous, attractive, combative, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.